Tugas Mandiri Perancis

TM-1: DFD SIS

mahsiswa mengambil matakuliah di RPU

mahasiswa mendapatkan persetujuan dari Kajur

1

 

TM-2: Pengantar UML

diagram ini terdiri dari 4 actir. Actor ini mempunyai hubungan satu dengan yang lainnya. Mahasiswa melakukan KRS matakuliah di RPU dan mendapatkan persetujuan dari kajur. Dosen mengajarkan matakuliah kepada mahasiswa di kelas sesuai jadwal.

2

TM-3: Class Diagram SIS

3 4

TM-4: Class Diagram Registrasi

Mahasiswa melakukan KRS matakuliah di petugas Biro Akademik dan di validasi kepala jurusan.

5

 

TM-5: Use Case Diagram SIS

6

TM-6: Sequence Diagram SIS

Dosen mengajarkan matakuliah kepada mahasiswa di dalam kelas

mahasiswa melakukan KRS matakuliah di RPU dan di Validasi kajur, dan memperoleh KST

7

TM-7: State Diagram SIS

tm7

TM-8: Use Case dan Class Diagram SIS dari UTS

tm8 tm9

TM-9 : Class Diagram Perpanjangan KTP

Setiap penduduk mempunyai Nik bagi yang sudah memiliki KTP. Didalam KTP terdapat keterangan-keterangan / identitas tentang penduduk tersebut. Sehingga pada saat memperpanjang hanya membutuhkan NIK sebagai ID yang tepat, karena setiap penduduk pasti tidak sama nomer ID nya. Seterusnya ada pegawai-pegawai yang akan melayani pembuatan KTP tersebut, mulai dari petugas TU kemudian CAMAT yang akan menyetujuinya.

tm9a

TM-10: Class Diagram Perpanjangan KTP dengan agregasi dan constraint, composite, serta interface dan relasi

tm10

TM-11: Activity Diagram KRS/Registrasi

tm11

TM-12: State Diagram KRS/Registrasi

pengurusan KTP

tm12

Pertemuan 1

TERMINOLOGI

ANALISA     : Suatu kegiatan yg dimulai dari proses awal didalam mempelajari serta mengevaluasi suatu bentuk permasalahan (case) yg ada.

SISTEM         : Seperangkat unsur2 yg terdiri dari manusia, mesin/alat & prosedur serta konsep2 yg dihimpun menjadi satu utk maksud & tujuan bersama.

INFORMASI ata yg telah diolah menjadi bentuk yg      lebih berguna & berarti bagi yg menerimanya

PENGERTIAN SUB SISTEM

GORDON B. DAVIS      à     Sistem dibagi menjadi beberapa faktor atau unsur-unsur kedalam subsistem2.

NORMAN. L.ENGER     à    Suatu sub-sistem adalah serangkaian kegiatan yg dpt ditentukan identitasnya

HUBUNGAN SISTEM DENGAN SUBSISTEM

KARAKTERISTIK SISTEM

(penggambaran sistem secara logik)

  • COMPONENTS (komponen)
  • BOUNDARY (batasan sistem)
  • ENVIRONMENTS (lingkungan luar sistem)
  • INTERFACE (penghubung sistem)
  • INPUT (masukan)
  • OUTPUT (keluaran)
  • PROSES (pengolahan sistem)
  • OBJECTIVES & GOAL (sasaran dan tujuan sistem)

 

KLASIFIKASI SISTEM

1. SISTEM ABSTRAK vs SISTEM FISIK

2. SISTEM ALAMIAH vs SISTEM BUATAN MANUSIA

3. DETERMINAN SISTEM vs PROBABILISTIK SISTEM

4. SISTEM TERTUTUP vs SISTEM TERBUKA

PERSONIL SISTEM

Aspek Sistem Komputerisasi :

Software, Hardware, Brainware

BRAINWARE (Personil) yaitu

  1. EDP MANAGER                 4.  OPERATORKOMPUTER
  2. SISTEM ANALIS                 5.  DATA ENTRY
  3. PROGRAMMER                 6.  TEKHNISI KOMPUTER

SISTEM ANALIS

FUNGSI ANALIS SISTEM

  • Mengidentifikasi Masalah Kebutuhan User
  • Menyatakan secara spesifik sasaran yang harus dicapai
  • Memilih alternatif metode pemecahan masalah
  • Merencanakan dan menerapkan rancangan sistem.

TUGAS SISTEM ANALIS

  1. Mengumpulkan & Menganalisa Dokumen
  2. Menyusun Dan Menyajikan Rekomendasi
  3. Merancang Dan Mengidentifikasi Sistem
  4. Menganalisa Dan Menyusun Biaya
  5. Mengawasi Kegiatan Penerapan Sistem

PRIBADI  ANALIS SISTEM

  1. Mampu Bekerja sama                    6.  Bersikap Tegas
  2. Berkomunikasi  dgn Baik               7.  Bertindak secara Metodik
  3. Bersikap Dewasa                              8.  Akurat
  4. Sopan Santun                                   9.  Kreatif
  5. Mempunyai Pendirian

Pertemuan 2

  • KUALITAS INFORMASI à Akurat, Tepat Waktu, Relevan
  • NILAI INFORMASI  à Manfaat dan Biaya Yang Dikeluarkan

INFORMASI UNTUK ORGANISASI

  • *) TIPE INFORMASI DARI TOP à DOWN BERSIFAT TERSARING
  • *) TIPE INFORMASI DARI DOWN à TOP BERSIFAT TERINCI
  1. TOP MANAGER, Informasi sbg pendukung perencanaan & perumusan kebijakan
  2. MIDLE MANAGER, Informasi sbg alat bantu planning & decision maker
  3. LOW MANAGER, Informasi sbg pendukung operasi manajemen sehari2
  4. STAFFING, Informasi untuk mengolah transaksi suatu proses

Sistem Informasi  à  suatu sistem di dlm suatu organisasi yg mempertemukan kebutuhan proses dgn laporan2 yg diperlukan

KOMPONEN SISTEM INFORMASI

  1. INPUT BLOCK                                 4.TECHNOLOGY BLOCK
  2. MODEL BLOCK                               5. DATABASE BLOCK
  3. OUTPUT BLOCK                             6. CONTROL BLOK

ORGANISASI SISTEM INFORMASI.

Unsur-unsur :

  1. Manusia                                   5. Tehnologi
  2. Sasaran                                    6. Struktur
  3. Tempat Kedudukan                7. Lingkungan
  4. Pekerjaan

Prinsip-prinsip : Bahwa Tujuan dan Sasaran Organisasi Sistem harus :

  1.  Jelas                                                         8.   Kontinuitas
  2.  Mudah dipahami                                     9.   Fleksibilitas
  3. Diterima                                                  10. Sederhana
  4. Tugas Pokok & Fungsi Jelas                  11. Pendelegasian Jelas
  5. Pembagian Tugas                                   12. Pengelompokan Tugas
  6.  Fungsionalis                                          13. Kesatuan arah

7. Koordinasi,Integrasi, Sinkronisasi         14. Kesatuan perintah

Pertemuan 3

  • SSAD (Structured System Analysis and design)

l  DAD (konteks diagram, overview, detail diagram)

l  Data Dictionary dan normalisasi

l  Bagan terstruktur

  • OOAD (Object Oriented Analysis Design) à (UML)

l  Use Case

l  Class Diagram

l  Sequence Diagram

l  State Diagram

l  Activity Diagram

Pertemuan 4

Data Flow Diagram

DATA FLOW DIAGRAM

adalah suatu network yg menggambarka suatu sistem automat/komputerisasi, manual atau gabungan dari keduanya dalam susunan berbentuk komponen sistem yg saling berhubungan sesuai dgn aturan mainnya.!

1. EXTERNAL ENTITY

2. PROSES

3. DATA FLOW

4. DATA STORE

Aturan main DFD

  1. Dlm DFD tidak boleh menghubungkan antara EXTERNAL ENTITY dgn EXTERNAL ENTITY secara langsung
  2. Dlm DFD tidak boleh menghubungkan antara DATA STORE  dgn DATA STORE secara langsung
  3. Dlm DFD tidak boleh menghubungkan antara DATA STORE dgn EXTERNAL ENTITY secara langsung (atau sebaliknya)
  4. Setiap PROSES harus ada DATA FLOW yg masuk dan ada DATA FLOW yg keluar.

Bentuk Diagram Arus Data

Terdapat 2 bentuk DAD :

  1. Diagram arus data fisik adalah Diagram yang menekankan

pada bagaimana proses dari sistem diterapkan.

2. Diagram arus data logik adalah Diagram yang menekankan

proses-proses apa yang terdapat di sistem.

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN DAD

Walaupun DAD memiliki keunggulan-keunggulan yaitu dapat menggambarkan sistem secara terstruktur dengan memecah-mecah menjadi level yang lebih rendah (decomposition), dapat menunjukkan arus data di sistem, dapat menggambarkan proses paralel di sistem, dapat menunjukkan simpanan data, dapat menunjukkan simpanan data, dapat menunjukkan kesatuan luar, tetapi DAD juga mempunyai keterbatasan.

Kelemahan DAD :

1. DAD tidak menunjukkan proses looping

2. DAD tidak menunjukkan proses decision

3. DAD tidak menunjukkan proses perhitungan

DATA DICTIONARY

Kamus Data adalah suatu aplikasi khusus dari jenis kamus-kamus yang digunakan sebagai referensi kehidupan sehari-hari

Kegunaan  Kamus Data :

  1. Memvalidasi diagram alir data dalam hal kelengkapan dan

keakuratan

2. Menyediakan suatu titik awal untuk mengembangkan layar

dan laporan-laporan

3. Menentukan muatan data yang disimpan dalam file-file

4. Mengembangkan logika untuk proses-proses DAD

Fungsi Data Dictionary à suatu katalog yang

menjelaskan lebih detail tentang DFD yang

mencakup proses, data flow & data store.

Hal yg harus dimuat dalam Data Dictionary

  1. Nama Arus Data                     5. Penjelasan
  2. Alias                                        6. Periode
  3. Bentuk Data                            7. Volume
  4. Arus Data                                8. Struktur data

NOTASI PADA KAMUS DATA

  1. NOTASI TIPE DATA
  2. NOTASI STRUKTUR DATA

Notasi Tipe Data

Untuk membuat spesifikasi format masukan dan keluaran suatu data.

Notasi Keterangan

X                                 Setiap karakter

9                                  Angka Numerik

A                                 Karakter Alphabet

Z                                  Angka Nol yang ditampilkan dalam

spasi kosong

.                                   Titik, sebagai Pemisah Ribuan

,                                   Koma, sebagai Pemisah Pecahan

_                                  Hypen, sebagai tanda penghubung

/                                   Slash, sebagai tanda pembagi

PERANCANGAN INPUT

Merupakan awal dimulainya proses informasi. Bahan mentah dari informasi adalah data yang terjadi dari transaksi-transaksi yang dilakukan oleh organisasi.

            Dokumen Dasar

            1.  fungsi dari dokumen dasar

            2.  Pedoman Dokumen Dasar

-  Pembagian area Caption :

* Caption

* Box Caption

* Yes/No Check Off Caption

* Horizontal Check Off Caption

* Checklist Caption

* Blocked Space Caption

* Scannable Form Caption

3 .  Cara Mengurangi Input (Masukan)

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengurangi jumlah masukkan, cara yang dapat dilakukan adalah :

  1. Menggunakan kode
  2. Data yang relatif konstan disimpan di file induk
  3. Jam dan Tanggal dapat diambil dari sistem
  4. Rutin perhitungan dilakukan oleh sistem

Pertemuan 5

Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah “bahasa” yg telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem.

UML mendefinisikan diagram-diagram berikut ini :

l  use case diagram

l  class diagram

l  sequence diagram

l  statechart diagram

l  activity diagram

l  object diagram

l  collaboration diagram

l  component diagram

l  deployment diagram

Stereotype

Stereotype adalah sebuah model khusus yang terbatas untuk kondisi tertentu. Simbolnya  “<<“ diawalnya dan “>>” diakhirnya.

            <<include>> digunakan untuk menggambarkan bahwa suatu use case seluruhnya merupakan fungsionalitas dari use case lainnya.

Exm : The user which is the actor can use the system to access the internet through the Access Web use case, but that includes the Login use case.

<<extend>> atau <<extend>> digunakan untuk menunjukkan bahwa satu use case merupakan tambahan fungsionalitas dari use case yang lain jika kondisi atau syarat tertentu yang dipenuhi

l  Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda/fungsi).

l  Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.

Pertemuan 6

Sequence Diagram

¡  Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atas dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait).

¡  Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan

Pertemuan 7

StateChart Diagram

Statechart diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima. Pada umumnya statechart diagram menggambarkan class tertentu (satu class dapat memiliki lebih dari satu statechart diagram).

Statechart diagram digunakan untuk memodelkan perilaku dinamis satu kelas atau obyek. Statechart diagram memperlihatkan urutan keadaan sesaat (state) yang dilalui sebuah obyek, kejadian yang menyebabkan sebuah transisi dari satu state atau aktivitas kepada yang lainnya dan aksi yang menyebabkan perubahan satu state atau aktivitas. Statechart diagram khususnya digunakan untuk memodelkan tahap-tahap tertentu dari sebuah siklus hidup obyek.

Pertemuan 8

Visualisasi Model

Model adalah penyederhanaan realita yang mendeskripsikan sebuah sistem dari perspektif tertentu.

Untuk sistem yang kompleks, model perlu dibuat karena tidak mungkin untuk memahami semuanya.

Model penting, karena membantu tim pengembang untuk visualisasi, spesifikasi dan mendokumentasikan struktur dan perilaku dari arsitektur sistem.

Singkat kata, pemodelan visual membantu kemampuan tim dalam memanage kompleksitas software.

Diproyek pengembangan sistem apapun, fokus utama dalam analisis dan perancangan adalah Model.

Diagram

Disisi lain, ada alat bantu lain yang sangat sering dipakai oleh sistem analis dan perancang. Alat bantu tersebut adalah diagram.

Umumnya sebuah sistem mempunyai sejumlah stakeholder.

Ketika kita merancang sebuah sistem untuk seorang pelanggan, maka akan sangat berbeda ketika sistem tersebut kita terapkan untuk banyak pelanggan.

Dengan demikian tujuan utama dari banyaknya diagram ini adalah untuk memuaskan semua stakeholder.

MODEL & DIAGRAM

Diagram menggambarkan atau mendokumentasikan beberapa aspek dari sebuah sistem.

Sedangkan sebuah model menggambarkan pandangan yang Lengkap tentang suatu system pada suatu tahapan tertentu dan dari perspektif tertentu. Sebuah Model mungkin mengandung satu atau lebih Diagram. Untuk Model sederhana, satu Diagram mungkin akan mencukupi. Akan tetapi biasanya sebuah Model terdiri dari banyak Diagram.

Pertemuan 9

 

ASSOCIATION

Association / asosiasi adalah class-class yang terhubungkan satu sama lain secara konseptual.

CONSTRAIN PADA ASSOCIATION

Bentuk lain tipe constrain adalah relasi OR yg ditulis dengan {or} dalam garis putus-putus yg menghubungkan 2 garis asosiasi.

GENERALISASI

Generalisasi di Object Oriented (OO) digunakan untuk menjelaskan hubungan  kesamaan di antara class. Obyek-obyek class bisa diatur secara hirarkis.

INHERITANCE

Inheritance adalah sebuah mekanisme pengimplementasian generalisasi dan spesialisasi.

Ketika dua buah class dihubungkan dengan mekanisme inheritance maka class yang lebih

umum disebut superclass dan yang lebih spesifik disebut subclass

DEPENDENCY

Pada penggunaan relasi kadangkala satu class menggunakan class yang lain à dependency Umumnya penggunaan dependency digunakan untuk menunjukkan operasi pada suatu  class yang menggunakan class yang lain.

Pertemuan 10

 

AGREGASI

Asosiasi bisa digunakan untuk memodelkan relasi diantara obyek-obyek.  

Di UML, ada relasi dengan perlakuan khusus yang disebut dengan ‘part of’ yang

menangani antar obyek-obyek yang lain. Dengan kata lain sebuah obyek terdiri

atas obyek-obyek yang lain.

Agregasi adalah terminology yang digunakan di UML untuk menjelaskan hal

tersebut. Sebuah agregasi adalah kasus khusus dari asosiasi.

Agregasi disimbolkan dengan jajaran genjang yang diletakkan pada class yang

mengandung  obyek.

Pertemuan 11

 

Asosiasi bisa digunakan untuk memodelkan relasi diantara obyek-obyek. Di UML, ada relasi dengan perlakuan khusus yang disebut dengan ‘part of’ yang menangani antar obyek-obyek yang lain. Dengan kata lain sebuah obyek terdiri  atas obyek-obyek yang lain.Agregasi adalah terminology  yang digunakan di UML untuk menjelaskan hal tersebut. Sebuah agregasi adalah kasus khusus dari asosiasi.

Agregasi disimbolkan dengan jajaran genjang yang diletakkan pada class yang mengandung  obyek.

Deployment Diagram menunjukkan tata letak sebuah sistem secara fisik, menampakkan bagian-bagian software yang berjalan pada bagian-bagian hardware.

Deployment diagram menyediakan gambaran bagaimana sistem secara fisik akan terlihat. Sistem terdiri dari node-node dimana setiap node diwakili untuk sebuah kubus. Garis yang menghubungkan antara 2 kubus menunjukkan hubungan diantara kedua node tersebut. Tipe node bisa berupa device yang berwujud hardware dan bisa juga processor (yang mengeksekusi component) atau execution environment (software yang menjadi host atau mengandung software yang lain).

Pertemuan 12

 

Activity Diagram adalah teknik untuk mendeskripsikan logika prosedural, proses bisnis dan aliran kerja dalam banyak kasus. Simbol-simbol yang sering digunakan dalam pembuatan Activity Diagram.

Activity Diagram memiliki peran seperti halnya flowchart, akan tetapi perbedaannya dengan flowchart adalah activity diagram bisa mendukung perilaku paralel sedangkan flowchart tidak bisa.

Contoh sederhana diagram activity berikut ini tentang aliran saat proses penerimaan order. Pengisian order dan pengiriman invoice terjadi secara paralel. Kondisi paralel jelas membutuhkan sinkronisasi. Node pada activity diagram disebut dengan action.

Action bisa diimplementasikan sebagai sub activity atau sebagai method pada class. Untuk menunjukkan adanya sub activity digunakan simbol rake. Untuk menunjukkan sebuah pemanggilan pada method digunakan syntax nama class::nama methode

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s